Senin, 26 November 2012


”PESONA DUA PULAU DI BATU BARA”



Berbicara mengenai Kabupaten Batu Bara tentu tak lepas dari pesona kepariwisataan yang dimilikinya. Kabupaten Batu Bara memiliki sejumlah objek wisata budaya maupun objek wisata bahari yang memiliki pesona yang luar biasa. Kita sungguh beruntung tinggal di daerah yang dianugerahi dengan kekayaan alam khususnya kekayaan wisata yang luar biasa. Kita memiliki sejumlah pantai dengan keindahannya seperti Pantai Perjuangan yang biasa juga kita kenal dengan nama Pantai Jono, Pantai Bunga dan Pantai Bunga Laut Indah, Pantai Kuala Sipare, Pantai Sejarah, Pantai Laksamana, dan Pantai Kubah Padang. Selain itu kita juga bisa menikmati keindahan alam di Danau Laut Tador atau pun Wisata Alam Datuk. Tak hanya itu, Kabupaten Batu Bara juga memiliki dua buah pulau yang memiliki pesona yang luar biasa. Dua pulau indah ini terletak di Selat Malaka yakni Pulau Pandang dan Pulau Salah Nama.
            Mungkin tak banyak dari kita penduduk Batu Bara yang pernah mengunjungi dua pulau yang indah ini. Sungguh sangat disayangkan karena dua pulau ini justru sangat di kenal oleh wisatawan dari luar Batu Bara bahkan oleh wisatawan asing. Mengingat keindahannya yang luar biasa dan kondisi alamnya yang masih sangat asri membuat dua pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang kebanyakan berasal dari luar Batu Bara.
            Pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Batu Bara senantiasa berupaya  membenahi dua buah pulau yang kita miliki ini. Dua pulau ini nantinya diharapkan menjadi primadona wisata yang ada di Kabupaten Batu Bara atau Bahkan di Provinsi Sumatera Utara.
            Bila kita ingin mengunjungi Pulau Pandang dan Salah Nama, kita dapat menaiki perahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram. Dengan menemupuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kita akan sampai di Pulau Salah Nama. Di pulau ini kita bisa melihat bangunan tower telekomunikasi berdiri tegak diatas bukit. di Pulau Salah Nama banyak ditinggali berjenis satwa. Pada malam hari kita bisa melihat kilauan lampu perahu nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi. Tempat ini juga merupakan tempat favorit bagi mereka yang memiliki hoby memancing. Bila kita berjalan menaiki bukit hingga di puncak bukit di Pulau Salah Nama ini, keletihan yang kita rasakan akan segera terbayar begitu menyaksikan pemandangan di sekitar pulau yang luar biasa dari atas puncak bukit. kita juga bisa berteduh di bawah rimbunnya pepohonan yang ada di pulau Salah Nama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar