Minggu, 16 September 2012

ARTIAN LOGO DAERAH KABUPATEN BATU BARA





Perisai bentuk mahkota piala melambangkan bahwa Kabupaten  Batu  Bara adalah hasil perjuangan gigih masyarakat Batu Bara.

Tujuh Bintang melambangkan bahwa Kabupaten Batu Bara terdiri dari tujuh Kecamatan dengan kehidupan rukun dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Bunga Kapas berjumlah delapan kuntum, Padi yang berjumlah 12 butir dan Segi Enam melambangkan bahwa Kabupaten Batu Bara dilahirkan pada tanggal 8 Desember Tahun 2006.

Pita Merah dengan tulisan putih sejahtera Berjaya melambangkan bahwa ikatan persatuan dan kesatuan dari berbagai macam aktivitas masyarakat yang bersatu padu dan bersama berjuang mewujudkan masyarakat Kabupaten Batu Bara yang sejahtera lahir dan bathin serta berjaya/berhasil dibidang pembangunan teritorial Kabupaten Batu Bara di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Motto Daerah Kabupaten Batu Bara adalah Sejahtera Berjaya?yang mengandung arti bahwa tujuan bersama seluruh lapisan multikultural masyarakat Batu Bara adalah kesejahteraan dan keberhasilan/berjaya dalam membangun daerahnya.

KETERANGAN GAMBAR DI DALAM BAGIAN-BAGIAN
PICTURES EXPLANATION

Tepak Sirih dan Tengkuluk melambangkan bahwa segala jenis adat istiadat dan etnis mengalami pembauran yang dinamis dengan masyarakatnya yang sehat jiwa raga sehingga terwujud kerukunan dengan pemerintahan, membangun bahu membahu  dalam menyongsong kemakmuran bersama.

  Buku melambangkan bahwa pendidikan di Kabupaten Batu Bara sebagai modal dasar untuk mencerdaskan masyarakat dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia agar dapat benar-benar mengurus dan membangun di negeri sendiri secara terencana, mandiri dan berkeadilan.

Pedang melambangkan bahwa segala apapun yang dicanangkan bagi Kabupaten Batu Bara hendaklah tetap berjuang dibawah norma norma hukum yang berlaku serta adat istiadat sebagai bagian kehidupan masyarakat Kabupaten Batu Bara dan Gambar Meriam melambangkan pertahanan dan keamanan daerah agar tidak mudah disusupi yang bertentangan dengan azas kehidupan bangsa Indonesia.

  Roda Gerigi dan Pabrik melambangkan bahwa Kabupaten Batu Bara sangat berpotensi dalam pengembangan Industri.

  Perahu Ikan dan Laut melambangkan bahwa potensi Kabupaten Batu Bara di sektor kelautan dan wisata bahari untuk menunjang pendapatan daerah.

Hamparan Sawah melambangkan bahwa potensi Kabupaten Batu Bara di sektor pertanian dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten Batu Bara serta menjadi satu daerah swasembada pangan untuk bidang pertanian.

Pohon Karet dan Kelapa Sawit melambangkan bahwa jenis usaha di bidang perkebunan yang ada di Kabupaten Batu Bara dengan harapan hasil yang maksimal untuk kehidupan masyarakatnya dan mendukung devisa negara.

 
PENJELASAN WARNA
COLOUR EXPLANATION

1. Biru melambangkan Kesejukan dan Keindahan
2. Kuning melambangkan Keagungan dan Kemuliaan
3. Merah melambangkan Kebenaran, Keberanian dan Semangat yang 
   Tinggi
4. Puith melambangkan Kesucian dan Kebersihan
5. Hijau melambangkan Kemakmuran dan Kesejahteraan
6. Hitam Melambangkan Keadilan dan Keteguhan
   
    Tulisan Batu Bara di dalam logo menunjukan Daerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar